Kamis, 13 Oktober 2011

TUGAS 2 Sistem Informasi Manajemen



  1. Kenapa informasi harus dikelolah dengan baik dan benar oleh para tingkatan manager.


Tingkat manager merupakan level yang mempunyai tugas mengkoordinir serta membuat keputusan-keputusan yang dirasa perlu baik di tingkatan top management, middle management dan low management. Dengan diberikannya suatu ‘wewenang’ untuk membuat sebuah keputusan, maka informasi menjadi hal yang sangat penting untuk dijadikan bahan bagaimana suatu keputusan nanti akan dilakukan. Informasi juga berfungsi menggambarkan keadaan yang sebenarnya dari suatu hal. Selain untuk meningkatkan pengetahuan bagi para manager, informasi bisa mengurangi ketidakpastian dalam menentukan sebuah keputusan.

  1. Informasi yang dibutuhkan oleh para manager harus mempunyai nilai yaitu : Up todate, Detail dan Accurate. Coba jelaksan maksud point-point tersebut dan berikan contoh jawaban anda

W       Up to date
Bahwa setiap manager harus mengikuti informasi yang berkembang dan terbaru. Hal ini penting agar segala sesuatu yang akan diambil tindakan merupakan pertimbangan teraktual.
W       Detail
Informasi akan menjadi semakin sempurna bila mendapatnya secara detail. Semakin detailnya informasi yang di dapat, masalah yang akan bisa dipecahkan akan semakin mudah. Serta Manager memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna.
W       Accurate
Selain up to date dan detail, manager juga harus cermat terhadap informasi yang akurat dan tepat. Informasi yang akurat dan tepat juga berdampak terhadap suatu kebijakan-kebijakan yang akan diambil oleh seorang manager.

  1. Coba anda jelaskan informasi-informasi apa saja yang dibutuhkan oleh para tingkatan managerial dalam melaksanakan fungsinya dalam hal yaitu : Planning, Organizing dan Controling

ü  Planning
Sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.

ü  Organizing
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi
ü  Controlling
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.

Contohnya:
Seorang manager di suatu hotel harus mengikuti perkembangan berita yang baru. Seperti baru-baru ini terjadi pergantian menteri Kebudayaan dan Pariwisata. Apakah regulasi, kebijakan, aturan yang ada pada menteri yang baru berubah atau tidak, ini  yang disebut up to date. Selain up to date, kebenaran informasi tersebut juga harus dicari, dari mana para manager mendapatkan informasi tersebut (akurat), apakah informasi yang didapat sesuai dengan yang diharapkan (detail). Ini yang dinamakan informasi harus akurat dan detail.  

1 komentar:

  1. jawabannya blom complit kaya perlu ditambahkan dengan contoh-contoh atau penjelesan yang konkrit dilapangan, seperti dikatkan informasi up todate seperti apa dan seterusnya.


    thanks

    your score +1

    BalasHapus